KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TANAMAN HIDROPONIK


Assalamualaikum wr.wb.
http://keuntunganhidroponik.blogspot.co.id/
Gambar. Sawi dan Selada Air Sistem Hidroponik

Selamat pagi teman – teman pecinta tanaman dan sayuran. Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu dan pengalaman tentang kekurangan dan kelebihan dari bertanam secara system hidroponik.
Seperti yang saya dan kita tahu system hidroponik merupakan cara bertanam menggunakan media air dan nutrisi tanaman untuk menumbuh kembangkan tanaman  dan sayuran yang kita tanam.
Karena yang namanya system hidroponik pastinya membutuhkan air yang jumlahnya cukup banyak dan pencahayaan sinar matahari yang cukup.
Selain menggunakan media air, sayuran yang ditanam menggunakan system tanam hidroponik pastinya juga membutuhkan tempat penampungan air yang cukup untuk memberi tempat akar dari tanaman/sayuran tersebut mendapat makanan yang dibutuhkan.
Sekarang saya akan mulai masuk kedalam pembahasan kekurangan dan kelebihan dari system tanam hidropinik.

Pertama saya bahas dari kekurangannya dulu :
  •  Menurut analisa saya yang telah selama 6 sampai 12 bulan menjalankan hobi menanam sayuran mengggunakan media hidroponik, biaya untuk menyediakan media tanam, dan sarana prasarana pendukung cukup mahal apalagi kalua kita menggunakan lahan yang skala cukup tinggi.
  •  Dilihat dari pemasaran sayuran yang kita panen pun juga susah untuk menjualnya dimasyarakat pedesaan dan perkampungan.
  • Daya minat masyarakat untuk membeli sayuran hasil tanam hidroponik juga rendah, dikarenakan harga jual kita dan sayuran yang ditanam petani disawah cukup jauh berbeda harganya. (lebih mahal sayuran hidroponik)
  • Kekurangan lainnya adalah sangat tergantung pada nutrisi tanaman untuk bisa tumbuh secara normal dan  baik


Kedua, saya akan bahas kelebihan dari system tanam hidroponik:

  • Kelebihan pertama dari system tanam hidroponik adalah tanaman/sayur yang kita budidayakan lebih bersih dan sehat dari pada yang dikembangkan disawah/ladang.
  • Kelebihan kedua bisa kita budidayakan dihalaman rumah, depan rumah dan loteng rumah yang kosong dan tidak terpakai.
  • Kelebihan ketiga sayuran yang kita panen lebih sehat untuk konsumsi dan lebih segar.
  • Kelebihan keempat pertumbuhan lumayan cepat apabila mendapat nutrisi dan sinar matahari yang cukup untuk fotosisntesis (contoh tanaman kanggung, kita tanam dari awal biji umur 0 hari sampai 10 hari sudah bisa kita panen dan dibuat sayur mayur
  •  Kelebihan kelima, Sistem hidroponik bisa kita terapkan didaerah perkotaan yang ingin mengembangkan system hidroponik, dikarenakan tidak membutuhan lahan yang baik dan subur.
  • Kelebihan keenam adalah mandiri pangan untuk sayur-mayur di negeri sendiri (stop impor bahan pangan)

Jadi kesimpulan dari  kekurangan dan kelebihan system tanam menggunakan hidroponik adalah untuk menghasilkan sayuran dan tanaman yang sehat tidak dibutuhkan tempat perkebunan dan persawahanyang luas  untuk menanamnya, melainkan cukup dengan media air, nutrisi tanaman khusus ABmix, benih sayuran dan tempat penampungan air untuk menghasilkan sayuran yang sehat.
Mungkin itu sedikit pengalaman dan ilmu tentang pengetahuan kelebihan dan kekuran system tanam menggunakan hidroponik.

Salam swadaya pangan khususnya dibidang sayuran. Go Indonesia export sayur
Surabaya, 11 April 2018
Penulis

0 Response to "KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TANAMAN HIDROPONIK"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2