-->

CARA MEMBASMI HAMA TANAMAN PADA TOMAT (Lalat Buah)

keuntunganhidroponik.blogspot.co.id
Aplikasi Penggunaan Botol dan Senyawa metil eugenol untuk perangkap Lalat Buah 

          Salah satu hama Tomat hidroponik Lalat buah (Bactrocera sp.) panjang badannya sekitar 8 mm dengan sayap transparan warna tubuhnya hijau kehitaman. Dalam bentuk belatung muda berwarna putih, menjelang tua menjadi kekuningan panjangnya sekitar 1 cm. Belatung ini terletak dalam daging buah. Buah tomat yang terserang lalat buah menjadi busuk, bila dibuka terdapat belatung. Pupa lalat buah hidup dipermukaan tanah. Untuk mengendalikan hama ini, adalah dengan melakukan pengolahan tanah yang benar. Balik tanah dengan dicangkul atau dibajak, dan biarkan terkena sinar matahari selama beberapa hari hingga pupua lalat mati. 
(Sumber, alamtani.com)
Cara mengatasi dan menanggulangi lalat buah pada tanaman tomat,

Pertama dengan bahan Insektisida:
      Penggunaan insektisida bisa dilakukan untuk tanaman dengan skala tanam besar dan luas. Aplikasinya dilakukan dengan penyemprotan pada tanaman yang terkena lalat buah. Beberapa jenis bahan aktif insektisida untuk mengendalikan lalat buah antara lain dimetoat, profenofos dan metomil. Insektisida berbahan aktif dimetoat misalnya santoat dan perfection, insektisida berbahan aktif profenofos misalnya buzzer, biocron, atau curacron. Sedangkan insektisida berbahan aktif metomil misalnya metindo, bomba atau lannate. Jenis-jenis insektisida untuk mengendalikan lalat buah tersebut adalah insektisida yang teman saya gunakan untuk tanaman-tanamannya. 
(sumber, mitalom.com) 

Kedua dengan cara Perangkap & Insektisida: 
Nah, cara paling jitu mengatasi lalat buah. Agar hasil lebih optimal anda perlu mengaplikasikan dua cara sekaligus, yakni memasang perangkap dan penyemprotan insektisida. Perangkap lalat buah dipasang pada beberapa titik di pinggir lokasi tanaman (bukan ditengah ya). Penyemprotan insektisida sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan usahakan selesai sebelum matahari terik. Pengalaman teman saya, ketiga jenis bahan aktif insektisida tersebut tidak efektif jika diaplikasikan tunggal. Karena itu aplikasi penyemprotannya harus menggunakan 2 jenis insektisida dari ketiga jenis bahan aktif tersebut. 
Anda boleh memilih mana yang paling mudah didapatkan ditempat anda, dimetoat + metomil atau profenofos + metomil. 
Dosis penggunaan : 
a. Dimetoat 15 ml + metomil 2 sdm untuk 15 liter air 
b. Profenofos 7,5 ml + metomil2 sdm untuk 15 liter air 
c. Tambahkan perekat sesuai dengan dosis anjuran 
Catatan : 
* Dimetoat, profenofos dan metomil : jika diaplikasikan tunggal hanya mengusir sementara dan tidak membunuh lalat buah. 
* Dimetoat + metomil : mengusir dan membunuh lalat buah (tidak begitu ampuh membunuh, dimetoat harus digunakan dengan dosis tinggi) * Profenofos + metomil : mengusir dan membunuh lalat buah (daya bunuh lebih kuat, ini yang sering saya gunakan sampai sekarang) 
* Perangkap lalat buah dipasang setidaknya sejauh 5 meter dari lokasi tanaman (jangan memasang perangkap ditengah lokasi). Pasang perangkap setiap 20 meter. 
(sumber, mitalom.com)

Ketiga dengan cara membungkus buah dari tanaman tomat tersebut: 
Jika tanaman hidroponik tomat buah anda sedikit, anda bisa mencegah serangan lalat buah dengan membungkus buah tomat tersebut. Untuk pembungkusnya anda bisa menggunakan kantong plastik transparan atau selambu bekas. Cara ini efektif diaplikasikan untuk kalangan penggemar tanaman buah hidroponik yang hanya memiliki sedikit tanaman. 

Keempat denan cara Membasmi LALAT BUAH Menggunakan Umpan Metil Eugenol:
Perangkap lalat buah merupakan sebuah alat sederhana yang bisa dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas disekitar kita. Perangkap yang umum digunakan adalah botol bekas yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ketika lalat buah masuk kedalamnya lalat akan terperangkap dan sulit untuk keluar. Untuk menarik perhatian lalat buah dibutuhkan senyawa yang disebut dengan metil eugenol. Senyawa ini mengeluarkan aroma khas yang sangat disukai lalat buah. Selain metil eugenol terdapat beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan sebagai penarik perhatian lalat buah, antara lain buah timun atau buah semangka. 
(sumber, mitalom.com) 

Dari paparan diatas saya mencoba menyampaikan artikel yang sedikit banyak bermanfaat bagi kita yang suka dengan tanaman, semoga bisa membantu mencarikan sedikit solusi dan referensi untuk mengatasi hama Lalat buah pada tanaman tomat. 
Artikel diatas saya dapatkan dari berbagai sumber diinternet, dan saya cantumkan juga sumbernya. 

Terimakasih. 

0 Response to "CARA MEMBASMI HAMA TANAMAN PADA TOMAT (Lalat Buah)"

Post a Comment