TOMAT HIDROPONIK

 
http://keuntunganhidroponik.blogspot.co.id/
tomat hidroponik
         
            Tomat Hidroponik adalah buah sayuran yang sangat banyak manfaatnya bagi kebutuhan tubuh manusia, tomat banyak mengandung vitamin C yang sangat banyak dibandingkan buah jeruk dan teman-temannya. Sayuran tomat selain bisa dibuat sambal tomat bisa juga dimakan langsung untuk untuk buah-buahan pengganti buah jeruk, apel dan sebagainya. Tomat juga bisa digunakan untuk sayuran pelengkap nasi dan lauk pauk, tomat bisa juga dibuah wedang tomat untuk pengobatan sakit sariawan. Dan masih banyak lagi manfaat tomat yang belom saya ketahui.
       Untuk menanam sayuran tomat bisa menggunakan media tanam dengan media hidroponik, karena dengan media tanam hidroponik kita bisa menghemat lahan tanam dan tanpa memerlukan lahan yang luas, tomat hidroponik cara tanamnya tidak bisa menggunakan sistem langsung kapilaritas air dan nutrisi ke akar tomat tapi kita memerlukan media lagi yaitu dengan menggunakan media cocopeat atau bisa menggunakan sekam bakar. 

           Cara Tanam Tomat Hidroponik dengan media sekam bakar dan memanfaatkan sistem NFT berikut langkah awal dan media alat yang digunakan :

1. Benih Tomat
2. Sekam Bakar
3. Kain Flanel
4. Ember kecil atau botol bekas isi 3 liter
5. Selang air
6. Air
7. Nutrisi buah dan sayuran ABmix
8. Pompa air kecil (bila diperlukan)
9. Bak untuk penampungan air nutrisi


http://keuntunganhidroponik.blogspot.co.id/
tomat hidroponik 2

Beberapa Manfaat luarbiasa rutin makan tomat bagi kesehatan,

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayuran, termasuk tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker. Buah dan sayuran juga dikaitkan dengan kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi, serta berat badan yang sehat. Secara keseluruhan, meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran secara signifikan mengurangi risiko obesitas bahkan kematian dini.

Berikut beberapa manfaat penting makan tomat bagi kita :

Menurunkan resiko Kanker,
Karena tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka sering makan tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui bisa menyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal(kanker usus). Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat,  sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal. Menurut American Cancer Society , beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diet kaya tomat mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, kanker paru, dan kanker kolorektal. Penelitian lebih lanjut berbasis manusia masih diperlukan untuk mengetahui apa sebenarnya peran likopen dalam pencegahan atau pengobatan kanker.

Menormalkan Tekanan darah,
Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium.

Menyehatkan jantung,
Serat, kalium, vitamin C, dan, kolin adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah cukup baik pada buah tomat, dan semuanya sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium yang disertai dengan menurunkan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
Asupan tinggi kalium juga terkait dengan penurunan risiko stroke, mencegah kehilangan massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, serta menurunkan pembentukan batu ginjal.

Manfaat bagi diabetes,
Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan pada diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2 gram serat.

Meremajakan Kulit,
Keberadaan Kolagen(zat yang mendukung kulit), keberadaannya sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini karena vitamin C adalah nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan,
yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, dan secara keseluruhan meningkatkan tekstur kulit.

Mencegah sembelit,
Sembelit adalah kondisi yang sangat menyiksa, dan jika sering terjadi bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus. Makan makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti halnya tomat bisa membantu untuk terhidrasi dan melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa.

Manfaat bagi kehamilan,
Tomat mengandung folat, dimana nutrisi yang bernama folat ini sangat terutama bagi wanita hamil. Hal ini berguna untuk melindungi janin dari resiko cacat tabung saraf.

Mencegah depresi,
Selain penting bagi janin, Asam folat dalam tomat juga bisa membantu meredakan depresi dengan cara mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh. Kelebihan hormon ini bisa menghambat darah dan nutrisi untuk mencapai otak. Kelebihan homosistein juga akan mengganggu produksi hormon bahagia yaitu serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan juga

Sumber artikel,
dari berbagi sumber, buku, website dan blogger

1 Response to "TOMAT HIDROPONIK"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2