-->

SAYURAN HIDROPONIK

 
https://keuntunganhidroponik.blogspot.com
sayuran hidroponik



SAYURAN HIDROPONIK

           Dizaman modern sekarang ini banyak sekali para penduduk lokal yang ada di Indonesia sangat kekurangan lahan untuk bercocok tanam  menanam sayuran,  tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan padahal sayuran merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk tubuh manusia, guna menjaga pertumbuhan sel-sel tubuh manusia, kesehatan badan manusia dan masih banyak lagi fungsinya. Akibat dari pembangunan rumah-rumah penduduk yang semakin luas dan menjamur, diterapkannya sistem KPR untuk perumahan-perumahan perkotaan, dijualnya lahan-lahan sawah potensial untuk didirikan pabrik dan sebagainya. Itu semua membuat masyarakat kekurangan lahan untuk bercocok tanam khususnya dalam hal sayur-sayuran.

Untuk mengatasi masalah kekurangan sayuran dalam memenuhi kebutuhan tubuh manusia disini ada sebuah sistem bercocok tanam dan menanam sayuran dengan metode tanam Sayuran Hidroponik, dengan memanfaatkan media air dan nutrisi tanaman yang bisa diterapkan dilahan apa saja, misalnya dibuat dengan lahan pipa paralon, wadah bak air, botol minuman bekas, kolam ikan air tawar dan masih banyak sebagainya. untuk lokasi menanamnya pun bisa dilakukan di daerah mana saja, bisa di perkotaan, bisa di desa, bisa didalam rumah, bisa di atap genting dan sebagainya. 

Sistem tanamnya pun cukup sederhana, karena hanya membutuhkan air, benih sayuran, wadah air atau bak, sumbu kapilaritas untuk penyerapan air, nutrisi tanaman atau pupuk hidroponik, dan keuletan dari orang yang menanam, insha Allah akan bisa bercocok tanam kapan dan dimana saja. Kalau ada niat yang kuat dan aksi yang hebat pasti akan diberi kemudahan, dengan sistem tanam yang  mudah tersebut nanti akan menciptakan Sayuran Hidroponik Sederhana untuk ibu rumah tangga yang banyak aktifitas dan rutinitas di kesehariaannya, terutama ibu-ibu yang tinggal dikota kota besar, misal di Jakarta, Surabaya, Yogjakarta, Palembang dan masih banyak kota-kota besar lainnya, untuk di kota Surabaya misalnya, kita bisa menggagas untuk membuat komunitas pecinta sayuran segar dan sehat seperti membuat komunitas  Sayuran Hidroponik Surabaya yang nanti didalamnya berisi ibu-ibu rumah tangga yang ingin menanam sayuran sehat sendiri dengan pekarangan yang sempit tapi tetap bisa berkebun.

Untuk peluang pamasarannya pun untuk sayuran hidroponik ini sangat besar sekali di Indonesia khususnya untuk mencukupi kebutuhan sayuran sehat yang berada di kota-kota besar, dan harga jualnya pun cukup mahal, dan biasanya masuk pasar-pasar modern seperti dijual di superindo, jayen supermarket, alfamart, dan masih banyak lagi, kenapa peluang usaha sayuran hidroponik ini sangat besar di Indonesia, dikarenakan gaya hidup sehat masyarakatnya mulai diterapkan, dengan kesadaran hidup sehat serta daya beli konsumen semakin meningkat dan harga terjangkaunya.

0 Response to "SAYURAN HIDROPONIK"

Post a Comment